😷❔ Apakah Vaksin Ketiga Perlu

Supaya tubuh  anda terlindungi dari virus Covid-19 tubuh perlu disuntik vaksin paling tidak sebanyak dua kali. Selain dosis kedua, sekarang banyak tenaga kesehatan yang diberikan vaksin tambahan atau vaksin booster. Namun apakah vaksin ketiga ini juga diperlukan untuk masyarakat umum? Berikut ulasannya.

Kegunaan Vaksin Ketiga
Sebelum membahas perlu atau tidaknya vaksin ketiga, terlebih dahulu anda perlu mengetahui apa kegunaan vaksin tambahan. Vaksin booster adalah vaksin yang diberikan setelah anda menerima dua dosis vaksin. Vaksin ini diberikan untuk menjaga, meningkatkan dan membangun kembali kekebalan tubuh.
Setelah 6 bulan pemberian vaksin kedua, kekebalan tubuh akan menurun. Hal tersebut berlaku untuk semua jenis vaksin termasuk orang yang sudah pernah terkena Covid-19. Dengan diberikannya vaksin tambahan ini akan memperkuat dan membangun kembali kekebalan tubuh yang menurun.
Jadi, vaksin booster sendiri diberikan untuk memperkuat kekebalan tubuh. Vaksin booster ini diberikan minimal 1 sampai 6 bulan pasca vaksin dosis kedua.

Perlukah vaksin ketiga untuk masyarakat umum?
Pada dasarnya vaksin booster ini memiliki fungsi yang sama dengan vaksin kedua, yaitu untuk menjaga tubuh dari penularan Covid-19 dan menurunkan resiko terkena gejala berat. Jadi, anda tidak perlu risau atau khawatir jika tidak mendapatkan vaksin booster ini.


Untuk saat ini pemberian vaksin di Indonesia masih belum merata, dimana masih banyak masyarakat yang belum menerima vaksin baik dosis pertama maupun kedua sehingga untuk menghentikan rantai penularan, vaksin diprioritaskan terlebih dahulu bagi mereka yang belum mendapat vaksin lengkap.
Di beberapa negara maju, vaksin booster memang sudah banyak diberikan sebab pemberian vaksin di negara mereka sudah merata.

Vaksin ketiga memang baik untuk tubuh, namun alangkah lebih baik jika anda selalu menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci 
tangan dan menjaga jarak setiap saat. Apabila protokol kesehatan selalu dijaga maka tubuh anda akan semakin terlindungi.

Penulis : Tim Redaksi Dokterlink