Klaster Keluarga Covid-19 Meningkat, Ini Tips Pencegahannya!

Klaster Keluarga Covid-19 Meningkat, Ini Tips Pencegahannya Deskripsi: Tingginya kasus covid-19 nyatanya masih menghantui siapa saja. Bahkan, klaster keluarga covid-19 pun terus meningkat. Simak langkah pencegahannya berikut! 

 

Tak bisa dipungkiri, masa pandemi nyatanya masih terus berlanjut hingga pergantian tahun. Bahkan, berbagai kasus baru terus bermunculan termasuk klaster keluarga covid-19. Kondisi ini tentu membuat semua pihak perlu lebih waspada demi meminimalisasi penularan.

Banyaknya anggapan bahwa setiap anggota keluarga aman dan sehat, terkadang justru meningkatkan risiko penularan. Untuk itu, penerapan protokol kesehatan perlu dilakukan dimanapun dan oleh siapa pun.

Lebih lanjut, mari simak ulasan serta tips pencegahan klaster keluarga berikut ini. Fakta seputar klaster keluarga covid-19 Jika dikaji, pemerintah terus berupaya untuk meminimalisasi kasus covid-19.

Mulai dari himbauan untuk menjauhi kerumunan, hingga berbagai syarat wajib saat bepergian adalah beberapa upaya yang telah dilakukan. Namun, angka kasus justru semakin melonjak hingga menimbulkan klaster keluarga.

Jika didefinisikan, klaster keluarga adalah kasus yang terjadi dalam lingkup keluarga dalam satu rumah. Hal ini dapat terjadi saat salah satu anggota keluarga terpapar virus dan menularkan anggota keluarga lainnya. Berikut adalah beberapa fakta seputar klaster keluarga.

  1. Klaster keluarga meningkat usai hari libur Menurut data di akhir bulan Januari, klaster keluarga di Jakarta mencapai 612 kasus. Hal ini mengingat meningkatnya perkumpulan keluarga di masa libur akhir tahun lalu. Anggapan berkumpul dengan keluarga besar adalah hal wajar di masa pandemi nyatanya harus disingkirkan. Dengan demikian, angka kasus pun diharapkan berkurang.
  2. Membawa risiko tinggi pada anak Orang dewasa memiliki potensi tinggi dalam penyebaran virus. Hal ini tentu membawa risiko terhadap anak-anak di rumah, terlebih saat orang tua masih melakukan banyak kegiatan di luar. Kondisi tersebut diperkuat oleh fakta bahwa angka kematian anak akibat covid-19 di Indonesia tertinggi di Asia. Karenanya, kasus klaster keluarga covid memang tak bisa disepelekan.

Tips mencegah klaster keluarga Walau terjadi lonjakan angka kasus pada klaster keluarga, Linkers tetap bisa meminimalisasinya dengan beberapa langkah tepat. Untuk itu, mari simak tips pencegahannya berikut:

  1. Menghindari Perkumpulan Keluarga Anda tentu sudah memahami bahwa kerumunan dapat meningkatkan risiko penularan. Untuk itu, sebaiknya hindari perkumpulan keluarga bahkan menerima tamu di rumah. Langkah ini bisa menjadi upaya pencegahan dari pihak luar rumah.Jika mendesak, sebaiknya batasi kapasitas perkumpulan. Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi rumah atau lokasi berkumpul. Pastikan agar kegiatan berkumpul tetap dapat menerapkan protokol kesehatan serta menjaga jarak aman.
  2. Menjaga Kebersihan Rumah Kebersihan rumah selama pandemi tentu perlu semakin ditingkatkan. Selain menerapkan protokol kebersihan pada umumnya, tak ada salahnya untuk rutin menyemprotkan disinfektan. Mulailah dengan spot atau barang-barang yang memiliki potensi penularan tinggi. Tak kalah penting, pastikan sirkulasi udara serta sinar matahari di rumah cukup optimal. Dengan begitu, diharapkan risiko penularan dapat berkurang.
  3. Menerapkan Protokol Kesehatan Jika sebagian anggota keluarga masih perlu berkegiatan di luar rumah, maka cobalah untuk menerapkan protokol kesehatan. Baik saat di luar rumah, maupun di dalam rumah Anda bisa menerapkan protokol kesehatan. Anda bisa membiasakan untuk lebih dahulu membersihkan diri setelah bepergian. Tempatkan seluruh barang dan pakaian yang sudah terpapar di luar rumah. Protokol kesehatan pun semakin penting saat salah satu anggota keluarga menunjukan gejala penyakit. Cobalah untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak untuk menghindari risiko penularan.
  4. Menerapkan Gaya Hidup Sehat Karena belum ada pengobatan tepat untuk covid-19, daya tahan tubuh atau imun masih dipercaya sebagai penangkal utama penularan. Untuk itu, sebaiknya Anda menerapkan gaya hidup sehat. Mulailah dengan mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga, hingga menggunakan berbagai vitamin kesehatan. Tak hanya kebutuhan fisik, psikis pun perlu tetap Anda jaga selama pandemi. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan berbagai kegiatan yang mampu menjaga kesehatan jiwa Linkers. Kondisi pandemi memang masih harus Anda hadapi. Untuk itu, tetaplah waspada dan terapkan beberapa langkah tersebut untuk menghindari penularan dalam klaster keluarga covid-19.