Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur

Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur - Dokter Link
Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur – Dokter Link

Adalah makan di waktu malam sekitar jam 3 sampai jam 4 pagi di bulan Ramadhan. Kegiatan ini lebih dikenal dengan istilah sahur. Sahur adalah ritual yang wajib dilakukan. Karena itu akan menopang untuk kebutuhan energi selama menjalani puasa disiang harinya.

Waktu sahur biasanya dilakukan di jam rata rata manusia tertidur. Maka sering kali kita merasa mengantuk setelahnya, terutama setelah menjalani ibadah subuh. Apalagi di hari kerja, ini adalah kesempatan anda yang beraktifitas di kantor untuk beristirahat kembali sebelum pergi bekerja. Namun ternyata dari sisi kesehatan ada beberapa hal negatif jika langsung tertidur setelah aktifitas sahur, apa sajakah itu ?

1. Nyeri Ulu Hati

Karena makanan perlu diproses di organ pencernaan tubuh kita. Setelah masuk esofagus lalu masuk ke lambung dan selanjutnya ke usus untuk diserap. Dan bila kita langsung sahur, terdapat 10 posisi yang dapat mempengaruhi lambung.

Posisi tidur tersebut mempengaruhi gerakan otot lambung. Sehingga memicu naiknya asal lambung ke bagian atasnya yaitu esofagus. Hal inilah yang sering menyebabkan Heartburn atau rasa tidak nyaman di uluhati. Dan jika terus berlanjut maka akan memicu terjadinya GERD atau refluks. Untuk kasus yang lebih parah bisa sampai tenggorokan atas yang akhirnya bisa memicu radang tenggorokan.

Posisi tidur tersebut mempengaruhi gerakan otot lambung dan memicu naiknya asam lambung. Asam lambung naik ke bagian atasnya yaitu esofagus, hal inilah yang sering menyebabkan Heartburn atau rasa tidak nyaman di uluhati. Dan jika terus berlanjut maka akan memicu terjadinya GERD atau refluks. Jika asam lambung naik lebih jauh bisa sampai tenggorokan atas itu akhirnya bisa memicu radang tenggorokan.

2. Obesitas atau Kegemukan

Sebetulnya aktifitas makan adalah usaha kita untuk mendapatkan energi untuk beraktifitas. Dikarenakan langsung tidur setelah makan maka energi yang kita dapatkan tidak terpakai. Pada beberapa studi mendapatkan kesimpulan bahwa pada saat kita tertidur otak merangsang lambung untuk meningkatkan kadar hormon grehlin. Hormon grehlin inilah yang membuat kita merasa lebih lapar ketika bangun.

Sebaiknya dengan resiko gangguan kesehatan seperti yang dijelaskan diatas, usahakan jangan tidur setelah sahur. Berilah waktu untuk makanan kita mengalami proses pencernaan selama 2 jam atau 3 jam setelah makan. Mungkin kita bisa mengisi dengan aktifitas mengaji, berzikir atau jalan ringan setelah habis subuh. Berikan waktu bagi pencernaan untuk bekerja lebih baik daripada langsung tertidur.(/gw)